Kegagalan dalam berwirausaha adalah sesuatu yang sering kali dianggap hal yang biasa oleh para usahawan. Akan tetapi hal tersebut sejatinya dapat dicegah apabila kita mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam berwirausaha. Kegagalan dapat dijadikan pembelajaran untuk memulai usaha baru, melanjutkan ataupun bahkan untuk mengatur ulang strategi bisnis yang ada.

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausahawan

Terdapat beberapa faktor penyebab kegagalan yang dialami oleh para usahawan. Faktor-faktor tersebut dapat dikendalikan maupun dicegah dengan pemahaman yang baik terkait dunia usaha. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Pengalaman manajemen

Apabila seorang usahawan memiliki pengalaman manajemen yang buruk maka akan memperbesar juga peluang kegagalan dalam berwirausaha. Manajemen merupakan salah satu ilmu dalam dunia bisnis yang dapat menentukan keberhasilan seorang usahawan.

  1. Lokasi

Pemilihan lokasi erat kaitannya dengan tingkat penjualan produk, keterjangkauan oleh konsumen serta penting dalam upaya promosi. Apabila lokasi yang dipilih kurang strategis maka akan memperbesar risiko kegagalan.

  1. Boros

Salah satu sifat yang harus dihindari oleh seorang usahawan adalah sifat pemboros. Sifat pemboros ini dapat menghancurkan jalannya suatu usaha karena modal dan laba yang seharusnya dipakai untuk kegiatan produksi tetapi digunakan untuk kepentingan individu akibatnya terjadi defisit dalam usaha tersebut.

  1. Manajemen piutang

Manajemen piutang yang buruk juga semakin mempercepat kegagalan suatu usaha. Biasanya pengusaha yang tidak mempunyai modal akan meminjam modal untuk usahanya. Apabila piutang lebih dari 40% maka akan membebani operasional dari perusahaan tersebut. Akibatnya laba yang dihasilkan hanya untuk membayar angsuran. Lambat laun bahkan dapat terjadi kegagalan usaha.

  1. Pengembangan yang berlebihan

Pengembangan yang berlebihan juga turut mendukung terjadinya kegagalan berwirausaha. Kemajuan suatu usaha haruslah diimbangi dengan pengembangan yang diperlukan. Akan tetapi pengembangan yang berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menguras modal, dan terjadilah inefisiensi dalam produksi suatu barang atau jasa.

Seorang wirausahawan harus berani mengambil risiko dalam memulai perjalanan bisnisnya. Akan tetapi dari setiap kemungkinan juga terdapat kemungkinan untuk gagal. Kesiapan baik dari segi fisik maupun psikis sangat diperlukan untuk mengatasi kegagalan tersebut. Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab kegagalan diharapkan Anda sebagai seorang usahawan mampu mengendalikan atau bahkan mengantisipasinya agar kegagalan tersebut dapat dihindari.

Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Berwirausaha

Related posts: