Seperti yang kita ketahui bersama, rambut merupakan mahkota bagi para wanita. Tak diragukan lagi, banyak pria memilih rambut sebagai hal yang pertama kali dinilai jika bertemu dengan seorang wanita. Oleh karena itu, sudah selayaknya Anda, para wanita, untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut Anda. Salah satu unsur penting yang perlu Anda perhatikan pada rambut Anda ialah warnanya. Pada umumnya, wanita di Indonesia memiliki warna rambut yang cenderung gelap, yaitu coklat tua hingga hitam. Kedua warna ini merupakan warna yang paling cocok untuk kulit wanita-wanita Indonesia. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang-orang yang ingin mengubah warna rambut mereka. Entah itu karena alasan selera, atau karena alasan kesehatan – rambut berubah warna karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Tips Mewarnai Rambut Menggunakan Tumbuh-Tumbuhan

Mengubah warna rambut boleh-boleh saja Anda lakukan. Akan tetapi, jika Anda menggunakan pewarna berbahan dasar kimia dan sintetis, Anda perlu waspada jika sering memakainya. Hal ini dikarenakan pewarna rambut tersebut langsung bersentuhan dengan pori-pori kepala Anda. Penggunaan pewarna rambut berbahan dasar kimia secara berulang-ulang dapat menyebabkan penumpukan zat-zat kimia tersebut dikepala Anda. Apabila Anda tidak cocok dengan bahan tersebut atau untuk kasus yang parah, kepala Anda dapat membengkak dan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Jika ada bahan sintetis, tentu saja ada bahan alami. Tahukah Anda? Ada beberapa tumbuhan yang bisa Anda gunakan untuk mewarnai rambut Anda. Pewarna rambut alami ini aman jika digunakan sesering mungkin dan tanpa efek samping, walaupun pengerjaannya tidak dapat dilakukan secara instan. Untuk yang pertama ialah Anda dapat memanfaatkan bunga mawar dan kembang sepatu untuk mendapatkan warna merah gelap. Caranya ialah dengan menumbuk kelopak bunga mawar dan kembang sepatu, lalu mencampurkannya dengan air agar mengental dan gampang dioleskan pada rambut. Setelah itu, diamkan selama sepuluh menit. Lalu, oleskan secara merata pada rambut Anda, tutup dan diamkan selama 30 menit menggunakan shower cap, lalu bilas dengan air hangat. Yang kedua ialah kopi dan teh hitam untuk mendapatkan warna coklat tua. Caranya dengan menyeduh kopi dan teh hitam pada gelas yang berbeda, setelah mengental, campurkan teh hitam dan kopi dalam sebuah wadah, lalu oleskan pada rambut Anda. Diam dan tutup menggunakan shower cap selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lalu yang terakhir, Anda pecinta warna pirang? Anda dapat memanfaatkan kunyi untuk warna pirang tersebut. Caranya ialah campurkan air hangat kedalam kunyit yang telah diparut, lalu saring hingga mendapatkan larutannya. Setelah itu, oleskan pada rambut secara merata. Tutup dan diamkan selama 30 menit menggunakan shower cap, dan bilas menggunakan air hangat.

Untuk takaran, Anda dapat menyesuaikan dengan panjang-pendek dan tebal-tipis rambut Anda. Ulangi pewarnaan sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Selain mendapatkan warna yang Anda inginkan, menggunakan bahan-bahan alami juga dapat menyehatkan rambut Anda.

Tampil Cantik Tanpa Sakit

Related posts: