Kain batik biasanya berbahan sutra dengan warna yang awet dan tidak mudah pudar. Selain itu, bahan yang digunakan lembut dan tidak kaku. Namun, kebanyakan orang masih belum mengetahui bagaimana caranya merawat kain batik agar warna pada kain tersebut tidak mudah pudar dan tentunya kain tersebut awet untuk waktu yang cukup lama, baik untuk kain yang dibeli secara langsung maupun secara online. Beberapa tips dibagikan oleh beberapa orang agar dapat merawat kain batik tulis online secara baik dan benar. Karena, jika Anda salah melakukan perawatan pada batik Anda akan membuat perubahan ada kain baik tekstur maupun warna.

Berikut Ini Merupakan Beberapa Tips Untuk Merawat Batik Tulis

Untuk merawat kain batik tulis online tentunya tidak cukup sulit. Anda dapat mencuci kain batik tersebut dengan menggunakan shampoo rambut, namun sebelum mencucinya dengan menggunakan shampoo pastikan untuk melarutkannya terlebih dahulu agar tidak ada bagian yang masih mengental. Namun, selain itu Anda juga bisa menggunakan sabun khusus untuk mencucinya yang biasa dijual di pasaran. Tetapi, yang perlu Anda perhatikan ketika mencuci kain batik, jangan sampai Anda menggosoknya karena akan merusak tekstur kain. dan selalu usahakan jangan menggunakan detergen ketika mencucinya. Jika tidak kotor, cukup celupkan saja menggunakan air hangat. Namun, jika terkena noda makanan atau minuman gunakan sabun mandi untuk menghilangkannya dan jangan sampai Anda mencucinya dengan menggunakan mesin cuci karena akan mempercepat proses pemudaran warna kain.

Ketika Anda ingin menjemur kain batik tulis online Anda, sebaiknya jangan dilakukan di bawah sinar matahari secara langsung, jemurlah di tempat yang teduh. Dan sebelum menjemur kain batik sebaiknya Anda tidak memerasnya terlebih dahulu, cukup jemur saja tanpa dilakukan pemerasan. Karena hal tersebut akan merusak motif dan warna secara perahan-lahan. Namun, ketika kain batik Anda terlihat kusut sebaiknya jangan disetrika karena akan merusak motif yang ada. Setelah kain batik Anda kering sebaiknya jangan diberikan parfum atau pewangi secara langsung, jika Anda ingin kain Anda wangi sebelum Anda menyemprotnya tutupi terlebih dahulu dengan menggunakan kain di atasnya sehingga penyemprotan parfum dan pewangi tidak langsung mengenai kain. dan ketika Anda ingin menyimpan kain batik Anda bisa memasukkannya pada plastik agar terhindar dari ngengat.

Tips Merawat Batik Tulis

Related posts: